Senin, 14 Mei 2018 bertempat di ruang Auditorium Fakultas Teknik Universitas Jember dilaksanakan kuliah tamu dengan tema “Sistem Kendali Pada Industri Pabrik Nestle dan Perkembangan Automasi Industri” yang dibawakan oleh Bapak Ery Aryawan yang merupakan lulusan Teknik Elektro ITS dan bekerja di Pabrik Nestle sejak 2004 sampai sekarang sebagai kepala operation system disana. Acara ini diadakan guna untuk memberikan informasi mengenai pengalaman pengoperasian system yang pernah beliau tangani. Karena dirasa penguasaan teori di bangku perkulaiahan kurang memadai untuk diaplikasikan tanpa pengetahuan penggunaan lapangan.

Pemateri merupakan spesialis dalam bidang sistem kendali pabrik dan automasi industry yang sudah ahli pada bidangnya dimana beliau sudah seringkali mengikuti pelatihan yang meliputi Control Logic 5000 Plc, Wonderwave Intouch Basic Dan Spray Drayer Safety System dan sekarang merupakan kepala dari Manufacturing Execution. Oleh karena itu pemateri dipilih karena dirasa mampu untuk memberikan penjelasan secara teori maupun praktek kepada para audience yang mayoritas adalah mahasiswa sehingga dapat memberikan motivasi sekaligus pandangan terhadap dunia system kendali.

Kuliah tamu kali ini terkait dengan cara pengoprasian mesin dari pabrik dengan menggunakan sistem control yang sekarang sudah banyak dipakai pada industri dan beliau juga memberikan materi masalah control seperti PLC dan banyak lainnya. Sedangkan untuk perkembangan industry automasi beliau menjelaskan bahwa IoT  bisa sebagai alternative untuk perkembangan sistem automasi di masa depan. Dimana IoT atau Internet of Thing (IoT) adalah sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. IoT telah berkembang dari konvergensi teknologi nirkabel, micro-electromechanical systems (MEMS), dan Internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *