Pada tanggal 5 Mei 2019 telah berlangsung suatu kegiatan yang bertajuk Khataman Al-Qur’an yang berlokasi di Masjid Al-Falah Fakultas Teknik Universitas Jember kampus Tegalboto. Menurut penjelasan Kak Deby Ferari Armanto (20) selaku ketua pelaksana kegiatan Khataman Al-Qur’an menyatakan bahwa “Khatam berarti tamat. Kata ini pinjaman dari bahasa Arab. Khatam biasanya mengacu pada sudah habis mengaji Al-Qur’an”. Khataman merupakan salah satu kegiatan dari Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam Teknik (UKM RISTEK). Pengadaan Khataman sendiri terjadwalkan satu bulan sekali dalam masa kepengurusan UKM RISTEK 2019. “Khataman yang kita adakan khataman Al-Qur’an berjamaah”, tambah Kak Deby saat diwawancari Minggu (12/05). Pengadaan Khataman diperuntukkan kepada seluruh warga teknik Fakultas Teknik Universitas Jember.

Pembukaan Khataman Al-Qur’an dilangsungkan pada pukul 08.00 WIB oleh Kak Puguh Prayoga Febriantomi (20) selaku pembawa acara kegiatan, diawali dengan sambutan pembuka kemudian pemaparan jadwal acara yang akan berlangsung pada kegiatan Khataman Al-Qur’an pagi itu. Selanjutnya adalah pembacaan Tiwalah Al-Qur’an pada pukul 08.15 WIB oleh Kak Ahmad Edo Dwi Setiawan (19) dengan membacakan ayat suci Al-Qur’an yakni surah Al-Fatihah ayat 1–7 dan surah Al-Baqarah ayat 1-12. Pada pukul 08.30 WIB acara kembali diambil alih pembawa acara dengan mengatur pembagian bacaan ayat suci Al-Qur’an kepada setiap anggota yang hadir.

Setelah dilaksanakan pembagian bacaan ayat suci Al-Qur’an anggota memulai bacaan surah – surah yang telah diterima. Kegiatan khataman ini dilakukan secara bersama – sama. Sehingga semua anggota yang hadir sama – sama melantunkan bacaan ayat suci Al-Qur’an.

Khataman Al-Qur’an selesai pukul 10.00 WIB setelah di tutup dengan doa Khatam Al-Qur’an oleh Kak Edo kemudian ditutup oleh pembawa acara kegiatan dengan bersama – sama melantunkan doa kafaratul majelis.

Menurut Kak Deby, “Sejauh ini antusias warga teknik dalam keterlibatan pada kegiatan Khataman Al-Qur’an lumayan banyak”. “Harapannya semoga kegiatan Khataman Al-Qur’an ini kedepannya terus berjalan dan antusias warga teknik semakin hari semakin banyak” tambah Kak Deby. Khataman Al-Qur’an merupakan salah satu wadah atau tempat pengasah bacaan Al-Qur’an dimana seluruh warga teknik dapat mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini membuka peluang menambah pahala diwaktu – waktu sengang seluruh warga teknik dan mempererat tali silahturahmi antar angkatan. Melalui mengaji bersama ini diharapkan memberi semangat beribadah kepada seluruh warga teknik dan tidak melupakan kewajibannya sebagai makhluk hidup kepada sang pencipta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *