Perkembangan teknologi di Indonesia dewasa ini cukup pesat. Khususnya telekomunikasi merupakan salah satu sarana pokok yang dibutuhkan oleh manusia di dunia ini. Memasuki era persaingan bebas saat ini, diperlukan suatu stategi pengembangan teknologi bidang telekomunikasi atau elektro. Sehubungan dengan hal tersebut perguruan tinggi merupakan tempat untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, berkepribadian mandiri, dan memiliki kemampuan intelektual yang baik. Salah satunya melalui suatu kurikulum tersendiri yang menunjang tercapainya tujuan tersebut.

Kegiatan kunjungan perusahaan merupakan rangkaian kunjungan ke perusahaan- perusahaan yang berkaitan dengan materi dalam perkuliahan. Selain itu, kegiatan kunjungan perusahaan diharapkan dapat menambah pengetahuan dan dapat menjadi media pembelajaran dan pemecahan masalah yang terjadi di suatu perusahaan, khususnya yang bergerak di bidang elektro. Pemecahan masalah berupa solusi terbaru yang selama ini kita dapatkan pada teori perkuliahan.

 

Kunjungan industri komunitas ITCom teknik elektro kali ini berkunjung ke PT. Telkom Indonesia Witel Jember. Pada kunjungan ini pihak telkom memberikan banyak sekali ilmu yang tidak didapat saat perkuliahan. Pada kunjungan ini peserta diberikan materi tentang fiber optic yang menjadi tren teknologi saat ini. Peserta juga diberi skill baru dan pemahaman baru tentang pengaplikasian fiber optic di dunia kerja khususnya. Pihak telkom juga mengajak para peserta ke lab milik telkom dimana mereka mengajari lebih lanjut tentang fiber optic. Kemudian peserta juga mendapat bimbingan langsung di lapangan terkait instalasi fiber optic. Kunjungan ini tidak hanya berfokus pada materi saja, namun juga terdapat sharing di dunia kerja, khususnya di telkom. Peserta aktif bertanya tentang bagaimana situasi dunia kerja itu dan bagaimana cara mengatasi permasalahan di dunia kerja. GM Telkom Indonesia witel jember juga memberi arahan kepada mahasiswa agar mahasiswa belajar dengan giat dan mengerjakan tugas akhir dengan sungguh-sungguh karena dari tugas akhirlah para mahasiswa dapat dinilai oleh perusahaan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *