Pada tanggal 11 Mei 2019 Power Community (PORCOM) Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) melakukan kegiatan Pelatihan Instalasi Penerangan. Peserta diikuti oleh mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Jember. Materi instalasi penerangan disampaikan langsung oleh asisten Laboratorium Sistem Tenaga Fakultas Teknik Universitas Jember yang sudah sangat berpengalaman pada bidang tersebut. Peserta dengan baik mengikuti materi dan perancangan instalasi penerangan yang diberikan.

Pada hari pertama, kegiatan pelatihan dibuka oleh ketua jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Jember yaitu Dr. Bambang Sri Kaloko, S.T., M.T.. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi dengan memperkenalkan beberapa komponen yang digunkan pada pemasangan instalasi penereangan diantaranya stop kontak, saklar tunggal, saklar seri atau saklar seri, saklar tukar, fitting lampu, kabel fasa, kabel netral, kabel ground, dan lain sebagainya. Materi yang disampaikan kurang lebih selama 1 jam 30 menit. Selanjutnya, dilanjutkan dengan perancangan untuk kelompok pertama yang membutuhkn waktu kurang lebih 2 jam lamanya. Dalam proses perancangan ini juga diawasi langsung oleh pemateri dan juga dibantu oleh teman-teman pengurus PORCOM. Proses perancangan berlangsung dengan lancar dan hasilnya instalasi penerangan yang dipasang sukses menyala. Lalu, dilanjutkan oleh kelompok kedua yang juga proses perancangan berjalan lancar dan hasil instalasi penerangannya dapat menyala sepenuhnya

Penyampain materi tersebut diwarnai dengan beberapa pertanyaan dari peserta pelatihan. Setelah penyampaian materi selesai, pelatihan Instalasi Penerangan ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena hanya dilakukan dalam waktu satu hari saja dikarenakan kegiatan ini dilaksanakan pada saar bulan Ramadan. Walaupun dalam keadaan puasa, tidak mengurangi semangat para peserta untuk mengikuti kegiatan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *