Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam Teknik (UKM RISTEK) melaksanakan program kegiatan yang bertajuk Kajian Masyarakat Milenial (KARAMEL). Program kegiatan karamel yaitu suatu kajian yang membahas bagaimana cara menghadapi permasalahan – permasalahan yang ada pada masa kini dimana masih berkaitan dengan agama islam. Program kegiatan karamel biasanya bertempat di Masjid Al-Falah Fakultas Teknik, Universitas Jember kampus tegalboto. Menurut Deliar Ogi selaku ketua pelaksana program kegiatan karamel sendiri menyampaikan bahwa, “Karamel dilaksanakan setiap dua minggu sekali pada hari kamis”saat diwawancarai pada Minggu (12/05). Para peserta kegiatan karamel biasanya beranggotakan kaum muda masa kini (masyarakat milenial) dan sebagian warga teknik Fakultas Teknik Universtias Jember.

Pada kepengurusan UKM RISTEK 2019 program kegiatan karamel telah berjalan dari bulan Maret hingga saat ini, terhitung sudah empat kali terjadwal. Program kegiatan karamel biasanya mengusung tema yang berbeda pada setiap jadwal pelaksanaannya. Program kegiatan karamel biasanya didampingi oleh pemateri – pemateri yang sejalur. Berikut pemaparan program kegiatan karamel yang telah terlaksana.

1.      Pada Kamis 14 Maret 2019 dilaksanakan Bada’ Maghrib bertempat di Masjid Al-Falah Fakultas Teknik Universitas Jember dengan mengusung tema “Miracle Of Qur’an” yang disampaikan oleh Ustadz Sabilul Muhtadin,Lc (Alumni LIPIA Jakarta)

2. Pada Kamis 4 April 2019 dilaksanakan Bada’ Ashar bertempat di Masjid Al-Falah Fakultas Teknik Universitas Jember dengan mengusung tema “Solusi Jika Jatuh Cinta” yang disampaikan oleh Ustadz Wingga Pramana (Tim dakwah mahasiswa Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Pengasuh Kajian Mutiara Ilmu)

3. Pada Kamis 25 April 2019 dilaksanakan Bada’ Maghrib bertempat di Masjid Al-Falah Fakultas Teknik Universitas Jember dengan mengusung tema “Adab Berinteraksi dengan Social Media” yang disampaikan oleh Mohamad Ilyas, M.Pd. (Alumni LIPIA Jakarta)

4.  Pada Kamis 9 Mei 2019 dilaksanakan pukul 16:30 WIB bertempat di Masjid Al-Falah Fakultas Teknik Universitas Jember dengan mengusung tema “Mungkin ini Ramadhan Terakhir Kita” yang disampaikan oleh Abdur Rahman, S.T., M.Agr., Ph.D.

Tujuan program kegiatan karamel sendiri untuk menjadikan kaum muda tahu dan mengerti tentang pandangan islam dalam permasalahan – permasalahan yang terjadi saat ini. Memakmurkan masjid juga menjadi salah satu tujuan terlaksananya program kegiatan karamel saat ini. Sejauh ini program kegiatan karamel mendapat antusias yang cukup baik khususnya pada warga teknik sendiri. Kedepannya semoga program kegiatan karamel dapat berjalan lancar tidak ada halangan dan bertambah lagi pesertanya agar ilmu yang disampaikan dapat tersampaikan secara luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *