Gambar 1. Team Penyelenggara KegiataN Hari Bumi Mahadipa 2019

Disetiap tahunnya, pada tanggal 22 April diperingati sebagai Hari Bumi Interasional. Hari Bumi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengajak semua orang untuk peduli terhadap lingkungannya. Dengan memperingati Hari Bumi pertahunnya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi menusia terhadap lingkungan mereka serta dapat melestarikan alam beserta isinya. Kesadaran untuk melestarikan lingkungan hidup sehausnya telah tertanam sejak dulu dan haruslah berkesinambungan.

Kegiatan Hari Bumi yang di selenggarakan oleh UKM Mahadipa merupakan salah satu cara untuk menjaga kebersihan dan melestarikan lingkungan, diselenggarakan di lingkungan sekitar Kampus Fakultas Teknik dengan melibatkan semua Warga Fakutas Teknik Universitas Jember. Kegiatan Hari Bumi dilaksanakan selama 2 hari Pada tanggal 21-22 April 2109 di Fakultas Teknik Universitas Jember . berbagai kegiatan yang dilakukan seperti: bersih sampak area Kampus, bersih-bersih kantin, berisih-bersih  Gedung UKM, bersih-bersih Mushola. Kegiatan tersebut dilakasanakan secara serempak pada pukul 08.00 WIB  – 11.20 WIB dengan sistem dibagi kelompok guna untuk menjaga efisiensi waktu. Sedangkan untuk kegiatan Penanaman Pohon Kegiatan yang dilakuakan diantaranya yaitu:

  1. Membersihkan Sampah di Area Kampus Fakultas Teknik

Memungut sampah di semua sudut area kampus salah satunya yaitu membersihkan saluran Drainase yag ada di daerah Fakultas Teknik guna memperlancar aliran air sehinga tidak mengakibatkan banjir saat hujan datang. Kegiatan bersh sampah ini diadakan pada tanggal 21 April 2019 dan di mulai pada pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai pada pukul 11.20 WIB yang melibatkan semua Warga Fakultas Teknik UNEJ.

Gambar 2. Bersih-bersih Sampah di Belakang Gedung B, Fakultas Teknik

Gambar 3. Bersih-bersih Sampah di Aliran Drainase

Gambar 4. Bersih-bersih Sampah didepan Gedung B Fakultas Teknik

2.Memberishkan Gedung Area Kantin

Kantin merupakan suatu tempat yang dijakan sebagai tempat menjual makanan dan juga minuman. Kantin ini digunakan para Mahasiswa untuk beristirahat serta mengisi perut yang kosong. Fasilitas yang ada di kantin tersebut diantara yaitu Warung tempat berjualan, tersedia tempat duduk serta tersedia kotak sampah.

Gambar 5. Bersih-bersih di Area Kantin Teknik

Gambar 6. Bersih-bersih di Area Kantin Teknik

3. Membersihkan Gedung UKM

Gedung UKM merupakan tempat berkumpulnya semua UKM dan Terdapat 15 UKM di Fakultas Teknik.

Gambar 7. Bersih-bersih di Gedung UKM

4. Membersihkan Rooftop

Rooftop diguakan sebagai tempat berdiskusi, Rapat dan juga Latihan untuk semua kegiatan UKM.

5. Membersihkan Mushola

Mushola merupakan tempat beribadah khususnya umat muslim umumnya para Mahasiswa dan Dosen Fakultas Teknik Universitas Jember.

6. Membersihkan Mushola

Mushola merupakan tempat beribadah khususnya umat muslim umumnya para Mahasiswa dan Dosen Fakultas Teknik Universitas Jember.

7. Penanaman Pohon

Penanan pohon ini merupakan salah satu cara untuk menjaga kelestaerian lingkungan dan menciptakan kampus Fakultas Teknik menjadi kampus yang bersih, segar dan indah serta dapat mengurangi resiko terjadinnya genangan air. /kegiata ini juga sama dilakuakan pada tanggal 22 April 2019, namun pennanman pohon dilakukan pada sore hari jam 15.00 setelah kegiatan Ngecat Pot bunga selesai. Pohon ditanam di beberapa titik, diantaranya ada depan Mushola dan juga di smapig Gedung Kuliah B.

8. Kegiatan Mewarnai Pot Bunga (Ngecat)

Salah kegiatan yang dilakukan untuk menuangkan sebuah seni dan keterampilan dalm melukis dan mewarnai sehingga menciptakan hasil yang memiliki nilai  indah dan bermakna.  Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 22 April 2019. Dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB – 13.00 WIB.

9. Hiburan

Selain dengan beberapa kegiatan diatas ada juga kegiatan Hiburan yang dilakuakan oleh UKM Kolang Kaling yang berupa penampilan Monolog, Puisi dan juga bernyanyi.

 

 

 

Jadi, dengan memperingati Hari Bumi ini marilah kita manfaatkan dengan mengisi kegiatn-kegiatan yang dapat merawat lingkungan sekitar kita. Mulai dari hal yang kecil seperti membunag samaph pada tempatnya dan mengurangi penggunaan kantong plastik.

 

Marilah rawat bumi kita untuk kebaikan kita di masa mendatang.

BY: MAHADIPA FT, UNEJ

Salam Lestari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *