Paduan Suara Mahasiswa memiliki kegiatan kontinuitas yang dinamakan Latihan Rutin, dilaksanakan sejak hari Senin sampai dengan Jumat pukul 18.30 di Gedung UKM. Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa aktif yang terdaftar dalam keanggotaan Paduan Suara Mahasiswa dari tiga jurusan, antara lain Teknik Elektro, Teknik Mesin, dan Teknik Sipil.

Kegiatan Latihan Rutin diawali dengan pemanasan yang berupa  peregangan tubuh; berlanjut dengan berlari mengelilingi area parkir Fakultas Teknik Universitas Jember; lantas disusul latihan pernapasan yang sangat penting dalam bernyanyi, yaitu pengambilan dan menghembuskan napas yang bertujuan untuk menjaga ketenangan dan membentuk pernapasan panjang, lalu berdesis kemudian staccato dan terakhir pif-paf. Dua teknik latihan pernapasan ini memiliki tujuan yang sama, yakni agar singer dapat merasakan otot-otot di bagian perut terlibat dalam proses pernapasan mereka, karena singer diutamakan untuk menggunakan pernapasan diafragma.

 Dalam tiap-tiap latihan,  ada  2 lagu yang wajib untuk dinyanyikan; Hymne dan Mars Universitas Jember. Dua lagu tersebut adalah lagu yang harus dihafal oleh seluruh mahasiswa Universitas Jember, diajarkan saat PK2 ( Perkenalan Kehidupan Kampus ). Adapun lagu lain seperti Terima Kasihku, Indonesia Raya dan lagu bebas Kisah Kasih, Surat Cinta Untuk Starla, Karena Cinta, Iki Duweke Sopo, dll.

Latihan Rutin ini bertujuan untuk menambah wawasan dalam bernyanyi, meningkatkan kualitas suara agar ke depannya mampu bersaing dan berprestasi, serta dapat belajar teknik vokal dan kepadusaan yang baik dan benar.

One Thought on “Gema Melodi Padus Teknik”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *