Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia (FKMTSI) menyelenggarakan kegiatan yang bernama “Study Excuirse”. Kegiatan ini merupakan acara tahunan kegiatan dari FKMTSI Regional IX Jawa Timur. Study Excursie sendiri adalah kegiatan kunjungan lapang ke proyek Bendungan yang ditangani oleh PT. Hutama Karya dan sebagai ajang untuk mencari informasi serta pengetahuan yang lebih luas tentang ilmu ketekniksipilan. Tujuan dari kegiatan FKMTSI SE ini sendiri adalah untuk memberikan pandangan terhadap mahasiswa teknik sipil tentang bagaimana dunia kerja yang sebenarnya saat kita di lapangan.  FKMTSI Study Excuirse ini dilaksanakan pada tanggal 29 – 30 Juni 2019 di Universitas Bojonegoro, Bojonegoro. Rangkaian kegiatan dari FKMTSI SE sendiri adalah mulai dari Seminar, kunjungan Proyek, kunjungan Wisata dan sarasehan.

Kegiatan ini diawali dengan Seminar yang di bimbing oleh PT Hutama Karya selaku Kontraktor dalam proyek Bendungan Gongseng. Sebelum mengunjungi proyek Bendungan Gongseng yang berlokasi di Bojonegoro. Dalam kunjungan proyek ini setiap peserta sudah disiapkan helm proyek dan rompi sebagai alat pelindung diri saat di proyek. Peserta FKMTSI Study Excuirse dipandu langsung oleh pelaksana proyek Bendungan Gongseng. Disana dijelaskan tentang bagaimana membangun pondasi tubuh bendung agar terhindar dari piping yang baik dan benar serta melihat langsung pengoperasian alat berat yang sedang mengerjakan pekerjaan galian dengan K3 yang seharusnya.

Setelah kegiatan kunjungan proyek kegiatan dilanjutkan dengan acara sarahsehan di malam harinya. Dimana disana kita bisa sharing dengan lain institusi se jawa timur, untuk wisata sendiri kita mengunjungi wisata petik belimbing dan dilanjutkan pulang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *