Forum HME adalah salah satu usaha HME Universitas Jember untuk menjalin relasi dan komunkasi dengan Himpunan Mahasiswa Elektro universitas lain. Hal ini diharapkan memberikan dampak positif untuk Himpunan Mahasiswa Elektro universitas lain umumnya dan pengurus HME Universitas Jember khususnya. Adapun hal tersebut juga didukung dengan masuknya HME Universitas Jember dalam Forum Komunikasi Himpunan Mahasiswa Elektro Indonesia (FKHMEI) .

Forum Komunikasi Himpunan Mahasiswa Elektro Indonesia adalah Organisasi mahasiswa teknik elektro yang bersifat Organisasi Profesi yang di sahkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) dengan Surat Keputusan SK : DIRJEN DIKTI NO.04/DIKTI/KEP/1991, dan FKHMEI akan mewadahi aspirasi dan inovasi para mahasiswa teknik elektro dalam rangka pembinaan keprofesian dan peningkatan sumber daya mahasiswa teknik elektro di seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Dalam sejarah, terbentuknya FKHMEI berawal dari pertemuan di Universitas Indonesia pada tahun 1987 yang kemudian dilanjutkan dengan pertemuan di Institut Teknologi Bandung pada Desember 1988. Pada tanggal 5 November 1988 bertempat di Institut Teknologi 10 November Surabaya ditandailah persetujuan berkaitan dengan pembentukan organisasi FKHMEI. Setelah melalui diskusi-diskusi secara intensif yang dilaksanakan di beberapa tempat diantaranya di Balai Sidang Senayan Jakarta pada Maret 1988; Universitas Brawijaya Malang pada Maret 1989 dan diteruskan di Sekolah Tinggi Teknologi A. Yani Cimahi September 1989.

Sebagai tindak lanjut dari hasil rapat dan diskusi serta dalam rangka membangun infrastruktur organisasi, maka dibentuklah sebuah kepengurusan FKHMEI yang pertama pada Musyawarah Nasional I FKHMEI di Universitas Udayana Bali pada tahun 1990. Sebagai sarana pembinaan dan peningkatan kompetensi profesi dibidang elektro, FKHMEI terus meningkatkan akselerasi inovasi teknologi dengan terus berusaha mengoptimalkan terlaksananya aktifitas-aktifitas profesi berupa: Diskusi, Seminar, Workshop, Aksi Sosial dan aktifitas lainnya. Pada tanggal 28 November 2018, telah didakan pertemuan di Universitas Jember yang terjadi antara HME UNEJ (Himpunan Mahasiswa Elektro Universitas Jember) , HME UMJ (Universitas Muhammadiyah Jember), dan HIMATRO UNUJA (Universitas Nurul Jadid). Adapun topik pembahasan ialah tentang keorganisasian, pengembangan minat bakat, dan energi terbarukan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *