Civil Social Care diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia (FKMTSI) Wilayah IX Jawa Timur pada tanggal 15-16 Maret 2018 yang bertempat di Institut Nasional Malang. Acara diadakan sabtu pukul 07.00 sampai hari Minggu pukul 12.00. Acara tersebut dibagi di dua tempat di kampus ITN dan di desa Sukopuro. Dengan peserta sebanyak 100 orang, yang dihadiri dari mahasiswa delegasi universitas yang ada di Jawa Timur angkatan 2015,2016 dan 2017.

Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai wujud pengabdian dan kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat serta menjalin tali Silaturahmi antar mahasiswa teknik sipil Se-Jawa Timur yang sudah tergabung di dalam FKMTSI Wilayah Regional IX Jawa Timur. Sasaran dari kegiatan ini adalah seluruh mahasiswa teknik sipil yang ada di wilayah Jawa Timur. Fungsi dari kegiatan adalah sebagai bentuk kepedulian mahasiswa pada masyarakat yang dapat meningkatkan mahasiswa yang lebih kritis terhadap permasalahan yang ada di masyarakat.

Kegiatan yang ada diawali dengan pembukaan acara yang diadakan di Institut Nasional Malang yang dihadiri seluruh peserta. Kemudian diadakannya pertemuan dengan masyarakat desa Sukopuro, Malang yang merupakan sasaran tempat untuk diadakannya acara Civil Social Care. Pertemuan dengan masyarakat desa ini diharapkan mahasiwa lebih mudah dalam berkomunikasi. Acara selanjutnya yaitu pembangunan bak sampah pada daerah tersebut. Dikarenakan di daerah tersebut masih banyaknya sampah yang menumpuk namun belum dapat dimanfaatkan. Sehingga tujuan dari pembangunan ini untuk membantu masyarakat desa Sukopuro dalam mengatasi sampah dan nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan diolah secara berkelanjutan. Ini juga dapat membantu desa tersebut untuk menaikkan kesejahteraan masyarakat disana. Acara pembangunan bak sampah ini dilakukan oleh peserta beserta penduduk desa yang saling gotong-royong. Ini juga sebagai bentuk penerapan mahasiswa teknik sipil dalam bidangnya yaitu bidang konstruksi. Sehingga nantinya mampu berkembang di dalam masyarakat luas.

berikut foto tentang kegiatan kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *