Festival Akhwat be Smart merupakan salah satu kegiatan UKM RISTEK bagian Kemuslimahan (ANNISA). Kegiatan ini bertujuan untuk mengakrabkan UKKI – UKKI se Universitas Jember, serta menanamkan jati diri seorang muslimah kepada mahasiswi Universitas Jember. Selain itu, mengasah kreatifitas berupa bakat dan minat sangat penting agar menjadi muslimah yang SMART dan tanggap terhadap perkembangan masa depan generasi penerus bangsa.

Kegiatan ini meliputi kegiatan lomba-lomba dan talkshow inspiratif. Kegiatan lomba terdiri dari lomba poster dan lomba videogram dengan sistem perlombaan yaitu penilaian sebelum pelaksanaan talkshow, dipilih beberapa finalis untuk mempresentasikan hasilnya dan dilakukan penjurian. Sedangkan kegiatan talkshow dilaksanakan pada tanggal 5 Mei 2018 bertempat di Auditorium Fakultas Teknik pada pukul 07.00 – 12.30 WIB.

Kegiatan Talkshow berjalan dengan lancar sesuai dengan yang telah di jadwalkan. Pembukaan acara dilaksanakan pada pukul 08.00 oleh pembina UKM RISTEK Bapak Abdur Rohman, S.T., M.Agr, Ph.D. Kemudian dilanjutkan dengan penayangan video-video inspiratif seorang muslimah. Selanjutnya dilaksanakan penjurian finalis dan talkshow. Talkshow di isi oleh 2 pemateri yang memiliki keahlian pada bidang keperempuanan yaitu oleh Ibu Dr. Dewi Rokhmah, S.KM., M.Kes dan Ibu Bhennita Sukmawati, M.Psi.

Ibu Dr. Dewi Rokhmah, S.KM., M.Kes merupakan dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat yang sudah meneliti permasalahan LGBT khususnya untuk daerah Jember. Pemaparan materinya dapat memberikan pemahaman kepada kita mengenai hakikat kita sebagai seorang muslimah, kedudukan kita sebagai seorang muslimah di dunia ini, dan mengetahui bagaimana cara kita sebagai muslimah yang akan mendidik generasi penerus bangsa.

Sedangkan Ibu Bhennita Sukmawati, M.Psi.  merupakan seorang psikolog pada Lembaga Psikologi PRISMA di Jember. Materi yang diberikan yaitu berupa langkah yang bisa kita lakukan sesuai dengan syariat islam meliputi : mengetahui prinsip-prinsip dasar islam dan keperempuanan, mempelajari sikap atau tindakan yang baik, dan mengetahui peranan kita sesuai dengan zamannya.

Karena dalam Al-qur’an dijelaskan peranan seorang wanita sangatlah penting, namun itu semua tidak keluar dari garis yag telah dikodratkan kepadanya. Oleh karena itu, sebagai seorang perempuan kita tetap tahu kodrat kita sebagai mana mestinya dan menyikapi setiap perubahan jaman dengan pemikiran yang kritis.  Selain itu Islam telah mengatur semuanya dalam Al-Qur’an sebagaimana mestinya kita sebagai seorang perempuan.

Semoga dengan adanya pemaparan yang cukup bagus dari masing-masing pemateri dapat diterapkan oleh para peserta talkshow agar tidak banyak terjadi perdebatan dari segi menilai perempuan mesti mendapatkan peran lebih besar dalam kehidupan masyarakat dan memandang perempuan mestinya hanya berperan dalam ranah domestik atau kehidupan rumah tangga saja. Kaum wanita memiliki kedudukan dan kehormatan yang sangat mulia serta tidak adanya perbedaan hak baginya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *