Dolanan Robot merupakan kegiatan yang diadakan oleh UKM Robotika Fakultas Teknik Universitas Jember yang bertujuan untuk mengenalkan robot robot hasil karya seluruh anggota UKM Robotika kepada calon anggota baru UKM Robotika, acara ini dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2019 bertempat di Markas UKM Robotika yaitu di LPM (Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat).

Ada tiga robot yang akan dikenalkan pada acara Dolanan Robot kali ini, yaitu Lahbako-San , JR-Evo, dan CDAST. Ketiga robot tersebut adalah robot yang telah dilombakan pada ajang robot bergengsi di Indonesia pada tahun 2018, yaitu Kontes Robot Indonesia, ketiga robot tersebut juga berhasil meraih juara pada tingkat regional di Polinema malang dan bertanding di tingkat nasional yaitu di UM Yogyakarta pada juli 2018.

Pada kegiatan Dolanan Robot kali ini, calon anggota baru dikenalkan dengan robot tersebut, bagaimana mekanisme pergerakan dari robot tersebut, bagaimana cara membuat robot tersebut, apa saja sensor dan aktuator yang ada pada robot tersebut, bagaimana algoritma dasar dari robot tersebut, para peserta juga disuguhkan dengan video video tentang keseruan lomba KRI 2018 ini. Juga ada sesi tanya jawab antar peserta dan panitia Dolanan Robot ini, panitia mempersilahkan para peserta untuk bertanya segala sesuatu tentang robotika.

Pada penghujung acara, para peserta juga diberi kesempatan untuk mencoba berinteraksi dengan robot robot yang dimiliki oleh UKM Robotika secara langsung, seperti mencoba untuk mengoper bola kepada robot sepak bola beroda (JR-Evo), mencoba menggerakan robot manual Lahbako-san, melihat pergerakan dari robot berkaki CDAST, dan lain lain.

Acara ini bertujuan untuk memupuk semangat dan niat para calon anggota baru Robotika UNEJ agar lebih tertantang untuk membuat robot yang lebih baik dari sekarang, untuk mempersiapkan lomba yang diadakan pada tahun depan yaitu Kontes Robot Indonesia 2019.

2 Thoughts on “Dolanan Robot”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *