Fakultas Teknik Universitas Jember – 26 Maret 2018

Akreditasi merupakan penentuan standart mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan tinggi oleh pihak di luar. Akreditasi juga diartikan sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni suatu perguruan tinggi sehingga kualitas lulusan antara perguruan tinggi tidak terlalu bervariasi dan sesuai dengan kebutuhan kerja. Pada hari rabu 26 Maret 2018, Fakultas Teknik Universitas Jember mengadakan sebuah pelatihan Bimbingan Teknis Penyesuaian Borang Akreditasi International IABEE (Indonesia Accreditation Board for Engineering Education) dengan pemateri Ir. Sungging, Dosen dari Institut Teknologi Sepuluh November.

Dalam materinya beliau menjelaskan bahwa IABEE merupakan  sebuah organisasi independen nirlaba yang didirikan sebagai bagian dari lembaga Persatuan Insinyur Indonesia (PII) untuk menumbuhkembangkan budaya mutu dalam pengelolaan pendidikan tinggi teknik. (IABEE) merupakan satu-satunya lembaga akreditasi mandiri bidang kerekayasaan teknik di Indonesia. Dan juga IABEE berguna bagi mahasiswa dan lulusan, Program Studi serta perguruan tinggi dan bagi industry, pemerintah dan pemangku kepentingan

Adapun keuntungan sebuah institusi perguruan tinggi jika telah terakreditasi oleh IABEE untuk menghasilkan lulusan yang memenuhi standar kualitas profesi. Status terakreditasi IABEE memastikan lulusan program studi memiliki standar kompetensi yang sesuai atau melebihi standar internasional untuk pendidikan tinggi teknik yang paling luas diakui Washington Accord (WA). Saat ini IABEE sedang dalam proses bergabung sebagai anggota Washington Accord dengan Provisional Status. Setelah diperoleh Provisional Status, IABEE akan menuju keanggotaan penuh sebagai Signatory Status. Dengan Signatory Status, maka akreditasi IABEE akan memiliki substantial equivalency dengan akreditasi oleh lembaga lembaga yang sudah dikenal secara internasional seperti ABET (USA) dan JABEE (Jepang). Sebagai lulusan program studi yang telah terakreditasi oleh IABEE maka Anda telah memiliki paspor untuk bergabung dengan profesional engineer global yang siap mengambil peluang karir di manapun di seluruh dunia.

Ibu Dekan dalam sambutannya sangat berterimakasih kepada Bapak Ir. Sungging karena menyempatkan waktunya untuk memberikan wawasan tentang akreditasi kepada segenap Kepala Prodi dan Kepala Jurusan, serta ibu dekan berterimakasih karena beliau juga telah memberika kuliah umum kepada mahasiswa fakultas teknik universitas jember. Diharapkan untuk kedepannya program ini dapat terealisasi di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Jember dan memberikan efek positif pada kompetensi mahasiswa dan lulusannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *