Kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru lanjutan atau Pembinaan serta Pengembangan Mahasiswa Baru (PPMB) di Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Jember yang biasa disebut dengan BEAT ini telah berjalan sukses selama empat hari pelaksanaan, pada tanggal 7, 8, 15 dan 21 September 2019 lalu, yang berlangsung mulai pukul 07.00 hingga 16.00 WIB. Dengan total peserta atau mahasiswa baru Fakultas Teknik Universitas Jember 2019 sebanyak 875 mahasiswa. PPMB Fakultas Teknik 2019 yang bertemakan “Optimalisasi Pendidikan Karakter guna Menumbuhkan Potensi Insan Teknik yang Beretika dan Memiliki Jiwa Kekeluargaan” bertujuan untuk mengenalkan Fakultas Teknik dan kehidupan di Teknik kepada mahasiswa baru serta kegiatan ini bertujuan sebagai proses pembelajaran dan memperkenalkan armosfer dunia kerja di lingkup keteknikan.Kegiatan PPMB ini juga sebagai salah satu bentuk interaksi dan sosialisasi antar mahasiswa, khususnya mahasiswa baru dengan mahasiswa lama atau yang biasa disebut “WARGA TEKNIK”, dan masih banyak tujuan lainnya sesuai dengan tema kegiatan PPMB 2019 ini.

Salah satu output terpenting dalam kegiatan ini diharapkan mahasiswa baru dapat memupuk jiwa saling memiliki antar sesama dan memiliki jiwa teamwork yang tinggi, dan salah satu output yang lainnya yaitu saling menghargai antar sesama, serta membentuk mental dan kepribadian mahasiswa baru fakultas Teknik universitas yang dapat bersaing dengan lainnya.

Hari Pertama kegiatan PPMB dimulai dengan acara Upacara Pembukaan sebagai symbol dimulainya kegiatan PPMB tingkat Fakultas (BEAT). Upacara Pembukaan dihadiri oleh Wakil Dekan 1 bersama dengan Wakil Dekan 3 Fakultas Teknik Universitas Jember. Setelah pelaksanaan Upacara Pembukaan dilanjutkan dengan kegiatan sesuai rundown acara seperti beberapa materi sebagai penunjang Mahasiswa Baru untuk bekal dalam menempuh perkuliahan di Fakultas Teknik. Materi di hari pertama keigatan PPMB Fakultas yaitu Etika dan Moral Mahasiswa, Manajemen Waktu dan dilanjutkan dengan Kelas Interaktif dengan penjelasan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa)

Di Hari Kedua PPMB berjalan sesuai dengan yang sudah direncanakan dimulai dengan registrasi peserta , sarapan Bersama dan dilanjutkan materi tentang kemahasiswaan yang pastinya materi itu berguna untuk menunjang selama perkuliahan. Stelah itu dilanjukan dengan kelas interaktif dengan agenda debat guna melatih mahasiswa baru untuk berani menyampaikan pendapatmya.

Di Hari Berikutnya atau Hari Ketiga Mahasiswa baru mendapatkan materi tentang profil fakultas Teknik dan dilanjutkan dengan penyampain seluruh UKM dan ORMAWA yang dimiliki oleh Fakultas Teknik, selain itu Mahasiswa baru memperoleh materi tentang pengendalian diri yang sudah dipersiapkan oleh panitia PPMB 2019 ini.

Dan di hari terakhir acara PPMB 2019 Mahasiswa baru melaksanakan outbond yang konsep sudah disusun dengan sebaik mungkin oleh Panitia PPMB 2019. Setelah outbond selesai dilanjutkan dengan Pertunjukan Aksi Maba dan pemilihan panitia Ter-Tegas, Ter-Sabar dan lain sebagainya yang ditujukan untuk Panitia PPMB 2019.

Dilanjutkan dengan pengumuman kelulusan diikuti dengan penyerahan kepada masing – masing ketua PPMB Lanjutan atau Ospek tingkat Jurusan oleh Ketua Pelaksana PPMB Tingkat Fakultas dan setelah itu dialnjutkan dengan Upacara Penutupan oleh Ketua BEM Fakultas Teknik Universitas Jember.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *