Pelepasan Wisudawan 2019 merupakan acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Mesin Fakultas Teknik Universitas Jember, kegiatan ini diselenggarakan untuk menjalin komunikasidan mempererat silaturahmi antar mahasiswa jurusan Teknik Mesin Universitas Jember dan para Wisudawan. Dalam kegiatan ini terdepat beberapa agenda yaitu sharing pengalaman dan makan bersama warga Teknik Mesin Universitas Jember. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung UKM lantai 3 Fakultas Teknik Universitas jember, sehingga dalam kegiatan ini warga mesin dapat merasa nyaman dalam melakukan kegiatannya.

Beberapa tujuan dalam melaksanakan kegiatan ini :

  1. Mempererat tali kekeluargaan dan silahturahmi antar mahasiswa Teknik Mesin dan parab alumninya.
  2. Sharing pengalaman warga mesin dan wisudawan untuk Teknik Mesin yang lebih baik kedepannya.
  3. Pemberian kenang – kenangan terakhir kepada para alumninya

Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 31 Agustus 2019 pukul 11.00 WIB – 15.00 WIB dengan dihadiri oleh warga Teknik Mesin yang masih aktif di perkuliahan dan juga para wisudawan. Pelepasan Wisudawan ini menampung keluh kesah atau saran yang lebih baik untuk mesin kedepannya dengan sistem sharing dan juga pemberian kenang – kenangan untuk para wisudawan. Pada waktu selesai sharing semua warga diberi nasi bungkus dan minuman es untuk makan bersama. Setelah makan bersama semua Warga Teknik Mesin melakukan foto bersama dan dilanjutkan acara penutupan, yaitu menyanyikan lagu M solidarity Forever.

Dari hasil Musyawarah Warga Mesin 2019  dari siang sampai sore didapatkan keluh kesah warga yang akan digunakan untuk memperbaiki mesin kedepannya. Serta mejalin hubungan silaturahmi warga mesin agar semakin erat. Kegiatan ini rutin diselenggarakan setiap ada acara wisudawan untuk menjadikan wadah keluh kesah maupun saran dan pemberian kenang – kenangan mahasiswa Teknik Mesin Universitas Jember kepada kakak tingkatnya.